INDUSTRI GAME: SOLUSI DEFISIT NERACA PERDAGANGAN INDONESIA?

(Jakarta, Indonesia—23 Oktober 2019) Indonesia sedang mengalami krisis neraca perdagangan nasional, di mana kini banyak sektor industri yang sudah terkena dampaknya. Tidak hanya itu, telah banyak sektor-sektor industri Indonesia yang telah dikuasai maupun diakuisisi oleh pihak asing. Hasilnya, banyak sektor industri yang belum maksimal dalam membantu perekonomian negara. 

Pasalnya, ada satu sektor industri yang belum terkelola dengan baik oleh pemerintah. Industri ini adalah industri game, salah satu sektor dalam industri kreatif atau yang biasa juga disebut sebagai industri konten budaya. Walaupun pengertian industri kreatif sendiri di Indonesia masih rancu, sesungguhnya sektor industri ini dapat menjadi solusi atas masalah perekonomian negara. Negara lain yang berhasil menaikkan ekspor dan perekonomian nasionalnya melalui industri kreatifnya di antaranya adalah Jepang, Korea, dan Cina, dimana produk unggulan dari industri kreatifnya adalah game. Di tahun 2014, ekspor konten budaya Korea di sektor game bernilai sebelas kali lipat lebih besar daripada K-Pop, dan di tahun 2017, ekspor game Korea bernilai sepuluh kali lipat dari industri animasinya.

Pada pameran Indocomtech 2019, akan ada sebuah talkshow yang berjudul: “Potensi Industri Game untuk Ekonomi Negara” yang diselenggarakan pada tanggal 3 November 2019, dan dimulai pada pukul 15.00, di Main Stage Hall B JCC Senayan. Acara ini akan dimoderatori oleh Dennis Adishwara, serta akan mendatangkan para pelaku dari industri kreatif dari beragam sektor seperti: game (Anatarupa Studios), komik (Ragasukma Comic), animasi (Kratoon), komik & art concept (Caravan Studios), dan komposer music (Elwin Hendrijanto) untuk membahas lebih lanjut mengenai topik tersebut.

Pameran Indocomtech sendiri akan berlangsung dari tanggal 30 Oktober 2019 hingga puncaknya pada 3 November 2019. Jadi, akankah dan dapat kah industri game di Indonesia menjadi solusi untuk perekonomian negara? Silakan hadiri acara talkshow yang diadakan oleh Indocomtech, bertempat di JCC Senayan, Jakarta, untuk mengetahui jawabannya.

Anantarupa Studios merupakan perusahaan yang pertama berdiri pada tahun 2011, berbasis di Jakarta, Indonesia. Bergerak dalam ranah bisnis konten digital dan game developer. Untuk jasa pelayanan bisnis, Anantarupa Studios berpengalaman dalam membuat custom game dan mengembangkan aplikasi untuk solusi bisnis, meliputi pengembangan AR dan VR.

###

Bilamana ada infomasi yang ingin diketahui lebih lanjut mengenai Lokapala dan tim Anantarupa Studios, dapat menghubungi ilham@anantarupa.com.