INDUSTRI GAME: INDUSTRI PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

(Jakarta, Indonesia—23 Oktober 2019) Saat ini, industri game di Indonesia bisa dibilang tidak memiliki suara sama sekali. Tidak hanya itu, industri game bisa jadi dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Peraturan perundangan yang menangani industri ini pun belum maksimal secara penetapan dan penerapannya. Padahal, jika ditangani dengan benar, pertumbuhannya dapat melebihi sektor yang lain. 

Game sekarang sudah menjadi medium populer yang tidak hanya diminati anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan game di Indonesia yang mencapai 37%, dengan laju pertumbuhan majemuk (CAGR) 300% lebih besar dari industri film Indonesia. Jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya sebesar 5%, maka industri game menjadi industri yang menghasilkan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hal ini akan menjadi lebih optimal apabila industri game lokal mendapat lebih banyak perhatian. Apalagi esport, sebagai drive utama industri game, saat ini sedang marak-maraknya diadakan oleh berbagai pihak.

Lalu, apa saja langkah nyata yang harus diambil untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri game? Pertanyaan ini akan dijawab dalam talkshow yang akan diadakan oleh Indocomtech di Main Stage Hall B JCC Senayan, Jakarta pada 3 November 2019. Dimulai pada pukul 15.00 hingga selesai, acara ini akan dimoderatori oleh Dennis Adishwara dan dihadiri oleh para pakar dari industri kreatif Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan hadiri acara ini, gratis tanpa dipungut biaya.

Anantarupa Studios merupakan perusahaan yang pertama berdiri pada tahun 2011, berbasis di Jakarta, Indonesia. Bergerak dalam ranah bisnis konten digital dan game developer. Untuk jasa pelayanan bisnis, Anantarupa Studios berpengalaman dalam membuat custom game dan mengembangkan aplikasi untuk solusi bisnis, meliputi pengembangan AR dan VR. 

###

Bilamana ada infomasi yang ingin diketahui lebih lanjut mengenai tim Anantarupa Studios, dapat menghubungi ilham@anantarupa.com.