Aplikasi Membaca Pecahan Uang Rupiah Khusus Tuna Netra

Aplikasi Ainun adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan teknologi augmented reality dan machine learning dari Apple untuk membantu komunitas tunantera mengenali nominal uang dan mengidentifikasi uang asli. Dibuatnya applikasi Ainun ini berawal dari riset yang dilakukan ke beberapa yayasan tunanetra, dimana para Developer Ainun menemukan bahwa teman-teman tunanetra yang mayoritas bekerja sebagai terapis pijat sering mengalami kesulitan dalam mengenali nominal uang kertas, apalagi harus membedakan uang asli atau uang palsu. 

Mereka juga menuturkan tanda tunanetra yang terdapat pada uang rupiah kita tidak begitu membantu apalagi kalau kondisi uang sudah banyak tertekuk, sangat sulit untuk dikenali. Dari cerita yang kami dapat dari Pak Triyanto (penyandang tunanetra), ada saja pelanggan yang nakal. Saat pelanggannya membayar upah pijat dia mengatakan uang tersebut Rp. 100.000 ternyata hanya Rp. 20.000, yang lebih parah si pelanggan kadang meminta kembalian. Begitupun dengan uang palsu Pak Triyanto baru mengetahui uang tersebut palsu ketika dibelanjakan ke minimarket.

Karena itulah para Developer yang menjalani program Apple Developer Academy ini berusaha mengembangan aplikasi Ainun yang secara khusus bisa digunakan oleh teman-teman tunanetra. Dengan aplikasi Ainun ini, pengguna tinggal mengarahkan kamera ke uang kertas lalu Ainun akan membacakan nominal uang melalui Voice Over (pada preangkat iPhone). Sedangkan untuk mengidentifikasi uang asli, pengguna memerlukan alat tambahan berupa kotak yang berisi cahaya UV yang telah kami buat sendiri. Pengguna tinggal meletakan smartphone di atas kotak dan memasukan uang kedalam kotak tersebut maka Ainun akan mendeteksi watermark yang muncul karena cahaya UV.

Ainun saat ini baru bisa digunakan para perangkat iOS dan dapat di download secara gratis dari iOS App Store. “Besar harapan Kami kedepannya Ainun dapat menjadi applikasi yang bermanfaat bagi teman-teman tunanetra sehingga mereka dapat memiliki kekuatan apabila di dahadapkan dalam masalah yang umum terjadi, yaitu penipuan. Kemudian kami juga terus mengembangkan applikasi ini agar dapat di download dan dipergunakan secara masal.”, demikian kata Rizal Hilman, salah satu Developer dari aplikasi Ainun.

Penulis: Rizal Hilman

LINK :

www.binus.ac.id/developer-academy