Alat Perekrutan Yang Membantu Perusahaan Memperbaiki Sistem Wawancara

Pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari kerja? Menunggu giliran wawancara sampai berjam-jam di kantor orang, tidak mendapatkan kabar entah lolos wawancara atau tidak, bahkan sampai diminta pulang dan kembali lagi ke tempat wawancara keesokan harinya. Belum lagi saingan yang tidak sedikit. Jika anda merasa tidak pernah mengalaminya, setidaknya inilah tantangan yang dihadapi para lulusan SMK di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman buruk para lulusan SMK ini, kami berusaha melihat kendala yang terjadi dari dua sisi. Kami bertemu dengan perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan SMK dalam jumlah besar dan ternyata isu yang mereka alami adalah pada kesulitan memprediksi kandidat yang hadir saat perekrutan diadakan, dan mereka harus mewawancarai setiap kandidat itu satu persatu untuk memastikan mana yang sesuai kualifikasi dasar dan yang tidak.

Melihat kedua sisi tersebut, kami membangun suatu alat perekrutan yang membantu perusahaan memperbaiki sistem wawancara perusahaannya. Yaitu dengan menyediakan alat untuk menyaring dan mengundang para kandidat dalam jumlah besar yang kualifikasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga yang hadir hanyalah mereka yang sudah terkualifikasi saja. 

Kami percaya dengan membantu para perusahaan dalam melakukan rekrutmen, adalah langkah awal yang dapat membantu kami untuk meningkatkan ketenagakerjaan para lulusan SMK di Indonesia. 

Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan KODA, saat ini kami masih menjalankan ulasan publik terbatas (limited public review). Dengan kata lain, hanya perusahaan-perusahaan terpilih yang dapat menggunakan jasa kami untuk saat ini. Jika anda tertarik dengan solusi yang KODA berikan, silahkan hubungi kami di koda.id.

Koda merupakan applikasi hasil para developer yang tergabung dalam porgam Apple Developer Academy @ BINUS. Apple Developer Academy @ BINUS adalah inisiatif pertama di Asia Tenggara untuk pemberdayaan ekonomi Indonesia dengan menciptakan pengembang kelas dunia dalam ekosistem pengembang aplikasi yang inovatif dan dinamis. Program akademi 10 bulan bertujuan untuk menarik peserta dengan usia minimal 18+ (tanpa batasan usia) di seluruh Indonesia dari berbagai latar belakang. Kurikulum dirancang khusus untuk mendukung  tidak hanya mereka yang memiliki pengalaman sebagai programmer/ coding dan ilmu komputer tetapi juga mereka yang tertarik pada bidang-bidang seperti desain serta bisnis. Program ini akan pemahaman baru peserta untuk menantang diri mereka dalam memecahkan masalah di sekitar melalui aplikasi, pengembangan, dan pembuatan startup. Disini juga menekankan kreativitas dan kolaborasi yang merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan selama mengikuti progranm Apple Developer Academy. Program ini akan disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris oleh para fasilitator di Apple Developer Academy.

Penulis : Ricky Christia

LINK :

www.binus.ac.id/developer-academy