3 Ilmu Penting YouTube Untuk Bisnis Online Pemula

YouTube bagi bisnis online pemula sangat penting saat ini. Layanan video streaming ini ampuh memperluas jangkauan bisnis online. Karena kontennya yang sangat mudah menarik perhatian audiens internet. 

Inilah yang membuat pertumbuhan YouTube bisnis meningkat setiap tahunnya. Nah, sangat disayangkan jika Anda tidak membangun channel YouTube mulai dari sekarang. Tidakkah Anda mau audiens YouTube itu mengenal bisnis online Anda?

Selain memiliki akun YouTube, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk bisa sukses memperluas jangkauan bisnis online. Anda perlu mengetahui apa saja ilmu atau wawasan penting yang cocok untuk Anda yang akan memulai channel bisnis ini. Berikut 3 ilmu penting YouTube bisnis online untuk pemula.

1. Konsisten

Konsisten akan membantu Anda mendapatkan semakin banyak perhatian dari audiens YouTube bisnis online.

Kunci utama YouTube bisnis online adalah konsisten. Maksud konsistensi di sini adalah setia pada jadwal reguler. Dorian Stone, pimpinan dari YouTube Space Tokyo mengatakan jadwal reguler ini bisa meningkatkan jumlah view dan mengikuti channel Youtube Anda. Menurutnya, konteks jadwal ini bukan cuma sebatas hari melainkan sampai ke pada pukul berapa Anda biasa meng-upload konten video di Channel YouTube yang Anda miliki.

“Buat jadwal reguler yang harus ditepati setiap kali posting konten di YouTube bisnis online.”

Misalnya, Anda memposting setiap Rabu jam 15.00, maka Anda harus konsisten melakukannya persis begitu. Jika hal tersebut tidak dilakukan atau luput 2-3 jam dari waktu posting, banyak viewer yang kesal. Coba bayangkan jika Anda benar-benar tidak posting sama sekali, itu akan membuat audiens Anda pergi dan tidak lagi memantau channel Anda.

Mau informasi lebih lengkap tentang YouTube bagi bisnis online pemula? Anda bisa mendapatkan langsung insight bisnis online dengan menggunakan channel YouTube di event Teknobie yang diadakan di Indocomtech 2019 pada 2 November pukul 14.00-17.00. Event menarik ini akan dibawakan Pak Michael Sugiharto bersama Pak Liman Sentosa. Dapatkan semakin banyak insight tentang tren bisnis online, startup, dan teknologi. Seminar ini FREE namun Anda harus mendaftar terlebih dahulu, karena bangku nya sangat terbatas.

Daftar segera & klik ► teknobie.com/seminar-indocomtech.

2. Format

Semakin sering mengubah host channel YouTube bisnis membuat Anda dijauhi audiens.

Konsisten sebenarnya tidak hanya pada waktu posting saja, tapi juga format genre, gaya host, struktur susunan konten maupun topik yang akan dibahas di channel YouTube bisnis online Anda. 

Contoh yang paling sering terjadi adalah orang yang terinfluence dari YouTuber yang sudah terkenal dan viral. Misalnya meniru gaya Atta Halilitar dengan tagline “aassshiiaaapp” itu. Bila Anda ingin menjadi YouTuber dan meniru gaya Atta, bisa dipastikan channel Anda akan dijauhi audiens YouTube. 

“Format yang dimaksud adalah bagaimana struktur acara yang ingin Anda munculkan di Channel Youtube punya Anda tersebut. Terlalu sering berubah, Anda bisa ditinggal audiens.”

Konsisten pada format bisa dilakukan pada host atau pembawa acara. Misalnya channel YouTube bisnis online Anda akan fokus pada tren atau isu bisnis online saat ini. Maka Anda wajib menyiapkan host dan harus dia yang muncul di channel Anda. Cara ini diklaim ampuh menarik perhatian audiens YouTube lainnya.

3. Mudah Ditemukan

Cari keyword yang pas untuk setiap konten Anda agar memudahkan dicari audiens YouTube bisnis online.

Video keren tapi tidak gampang ditemukan orang juga tidak akan membantu Anda dalam menjangkau luas audiens YouTube bisnis online. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan tren yang sedang berlangsung. Anda bisa mengecek konten yang sedang ramai dibicarakan dari Google Trends maupun Twitter Trends.

“Kunci penting konten Anda dinikmati audiens adalah mudah ditemukan. Caranya: temukan topik yang sedang dibicarakan.”

Salah satu hal pendukung yang wajib Anda pahami adalah keyword. Ini adalah kata kunci yang benar-benar penting. Jika keyword Anda benar, maka video YouTube bisnis online akan mudah dicari di search engine seperti Google. Anda bisa mencari keyword yang sesuai di Google Trends maupun tools pencari SEO lainnya.

Demikianlah 3 ilmu penting YouTube Bisnis Online untuk pemula. Silakan mencoba tips di atas untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Jangan lupa untuk terus mencari hal-hal baru untuk bisa mengupgrade bisnis online Anda. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Masih bingung membangun channel YouTube bisnis online? Anda tidak sendiri. Ada banyak orang yang ragu karena tidak paham mengapa harus memiliki channel YouTube bisnis. Namun bedanya, mereka mencari jawaban kenapa kok harus memulai YouTube bisnis online untuk memperluas jaringan.

Michael Sugiharto, pakar bisnis online yang sudah sukses membangun channel dan baru saja mendapat Silver Play Button ini akan berbagi alasan penting mengapa Anda harus punya akun YouTube bisnis online. Dapatkan insight YouTube bisnis online secara langsung di Event Teknobie di Indocomtech 2019 pada 2 November pukul 14.00-17.00. Seminar ini FREE namun Anda harus mendaftar terlebih dahulu, karena bangku nya sangat terbatas. 

Daftar di sini, klik ► teknobie.com/seminar-indocomtech.