Ponsel Refurbished, antara Iming-Iming Harga Murah & Risiko Buntung

6 November 2018
Oleh: Ringkang Gumiwang

tirto.id – Apa yang Anda bayangkan saat ada produk gawai lansiran anyar diobral dengan harga sangat miring? Gelaran Indocomtech 2018 yang sudah berakhir sejak Minggu (4/11) sempat menjajakan produk-produk gadget dengan diskon hingga 90 persen.

Papan iklan besar bertuliskan ‘Super Sale Discount Hingga 90 Persen’ cukup membetot perhatian pengunjung di arena JCC, Jakarta. Antrean pun tak bisa dihindari. Amel, 23 tahun, warga asal Bekasi rela mengantre untuk mendapatkan iPad R2 seharga Rp2,99 juta. Ia harus menebus dengan mengantre kurang lebih 2,5 jam.

“Enggak masalah [lama ngantre]. Yang penting dapat iPad R2 dengan harga murah. iPad R2 itu harga normalnya itu bisa sampai Rp6 jutaan. Nah, saya dapat diskon setengahnya,” kata Amel kepada Tirto.

Namun, Amel sedikit mengganjal di pikiran. Gawai yang dibeli tidak disertai dengan garansi. Ini karena iPad R2 yang dibelinya adalah barang EoL (end of life) atau barang yang masa garansi sudah habis. Selain barang EoL, barang cuci gudang yang umumnya bekas pajangan dan bekas perbaikan alias refurbished maupun rekondisi.